Odetiara's Blog

Just another WordPress.com site

BENEFITS OF EXERCISE FOR MENTAL HEALTH

MANFAAT OLAHRAGA BAGI KESEHATAN MENTAL

Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh kita memang sudah lama terbukti. Latihan olahraga penting tidak hanya penting untuk memelihara kebugaran fisik tetapi juga kesehatan mental.

Sekarang daftar efek positif dari olahraga akan bertambah panjang lagi dengan adanya temuan bukti baru dari Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Univeritas Arizona. Cukup dengan menggerakkan tubuh selama 10 menit setiap hari kesehatan mental kita akan meningkat cepat.

Selain itu daya pikir akan bertambah jernih dan yang menggembirakan dapat mengurangi ketegangan alias stress serta membuat perasaan menjadi riang selalu. Menurut Landers ada lima manfaat olahraga yang dapat menyehatkan mental kita.

1. Olahraga mengurangi stres

Setiap manusia normal pernah mengalami stres atau ketegangan. Apakah stres tersebut disebabkan karena masalah ekonomi seperti inflasi atau devaluasi, masalah pergaulan atau retaknya hubungan suami istri, urusan kantor yang tidak pernah selesai, ujian akhir yang akan dihadapi, keputusan salah yang telah diambil atau mungkin keragu-raguan untuk mengambil keputusan.

Semua manusia pernah mengalami stres; dan Anda harus tahu bagaimana mengatasinya! Banyak oarang menderita penyakit, putus asa, bahkan mati mendadak disebabkan stres!

Bagaimana caranya Anda dapat mengindari stres? Ternyata olaraga dapat menolong Anda untuk mengatasi stres. Bagaimana? Untuk itu kita perlu melihat bagaimana kerja otot yang kita miliki. Berolahraga dapat membantu kita mengurangi kegelisahan hati dan bahkan dapat melawan kemarahan.

Alasannya, kalau jantung kita bekerja pada saat berolahraga, maka otomatis konsentrasi pikiran tidak akan terfokus pada urusan pekerjaan lagi. Selain dapat mengalihkan pikiran, aerobik yang rutin juga dapat meningkatkan ketahanan kardiovaskular, sehingga nantinya kita dapat bersikap tidak terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu masalah. Aktifitas yang terbukti efektif dalam melawan ketegangan otak adalah aerobik macam berjalan kaki, bersepeda, renang, jogging dan yoga.

2. Olahraga dapat meningkatkan kekuatan otak

Sudah bukan rahasia lagi kalau kegiatan fisik yang rutin dilakukan bisa meningkatkan daya reaksi, konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental kita. Hal ini dikarenakan tubuh memompa lebih banyak darah sehingga kadar oksigen dalam peredaran darah juga meningkat yang ujungnya mempercepat pemasukkan darah ke otak. Para ahli sepakat kalau otak cukup mendapat asupan darah maka reaksi fisik dan mental seseorang akan meningkat.

3. Mempengaruhi hormon Endogenous opioids

Dalam keajaiban tubuh manusia, para ilmuan baru-baru ini telah menemukan satu sistem hormon yang berfungsi sebagai morphine yang disebut endogenous opioids. Hal ini cukup menarik perhatian sebab reseptornya didapatkan di dalam hipotalamus dan sistem limbik otak, daerah yang berhubungan dengan emosi dan tingkah laku manusia.

Sistem hormon endogenous opioids, salah satunya ialah beta-endorphin, bukan hanya mengurangi perasaan nyeri dan memberikan kekuatan menghadapi kanker saja, tetapi juga menambah daya ingat, menormalkan selera, seks, tekanan darah dan ventilasi.

Saat berolahraga, kelenjar pitutiari menambah produk beta-endorphin; dan sebagai hasilnya konsentrasi beta-endorphin naik di dalam darah yang dialirkan juga ke otak, sehingga mengurangi nyeri, cemas, depresi dan perasaan letih.

4. Meningkatkan gelombang otak alfa

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga, ada penambahan gelombang alfa di otak. Gelombang otak alfa sudah lama diketahui yang berhubungan dengan rileks dan keadaan santai seperti pada waktu bermeditasi. Gelombang alfa ini terlihat pada seorang yang jogging untuk 20 sampai 30 menit, dan tetap dapat diukur setelah olahraga tersebut berakhir.

Para peneliti mengemukakan bahwa bertambahnya kekuatan gelombang alfa memberikan kontribusi kepada keuntungan kejiwaan dari olahraga, termasuk berkurangnya kecemasan dan depresi.

5. Penyalur saraf otak

Olahraga akan dapat memperlancarkan kegiatan penyalur saraf (brain neurotransmitter) di dalam otak. Hasil penelitian dalam hal ini dapat menyampaikan bahwa olahraga dapat menaikkan tingkat norepinephrine, dopamine, dan serotonin di dalam otak, dengan demikian mengurangi depresi. Telah terbukti bahwa penyalur saraf otak seperti norepinephrine (NE) dan serotonin (5 – HT) terlibat dalam depresi dan schizophrenia.

Tubuh yang sehat hidup dalam ketenangan. Anda tidak akan merasakannya dari dalam keluar keharmonisan dan damai. Bila olahraga akan memberikan kesehatan tubuh yang baik, dan juga ketenangan pikiran serta pencapaian intelek yang lebih tinggi, mengapa kita tidak segera berolahraga dari sekarang.

6. Olahraga dapat melawan penuaan

Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa dengan hanya berolahraga ringan seperti berjalan kaki saja dapat membantu tubuh mencegah penurunan daya kerja otak pada wanita lanjut usia. Semakin lama dan seringnya kegiatan berjalan kaki ini dilakukan maka ketajaman pikiran juga akan semakin membaik.

Hasil terbaik akan didapat dengan menggerakkan tubuh setiap minggu selama sembilan minggu. “Kegiatannya tidak perlu terlalu tinggi intensitasnya, cukup dengan berkeliling saja, yang penting daya pacu jantung kita dapat meningkat,” lanjut Landers. “Tapi manfaatnya daya ingat kita akan selalu tajam.”

7. Olahraga dapat meningkat perasaan bahagia

Banyak orang yang terkena depresi atau sakit hatinya memakai obat penenang sebagai jalan keluar. Sekarang jalan menuju kebahagian secara alami dapat diraih dengan menggerakkan tubuh secara rutin. Olahraga terbukti manjur dalam meningkatkan hormon penumbuh rasa bahagia dalam otak kita, seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorphin, yang merupakan pembunuh nomor satu penyakit hati.

Sebuah survey di Inggris melaporkan 83% penderita depresi bergantung pada aktifitas olahraga dalam memperbaiki perasaan hati dan mengurangi kecemasan. Berolahraga selama 16 minggu secara rutin pada orang yang memiliki kadar depresi yang sedang mendapatkan efek bahagia.

Penelitian di Universitas Duke membuktikan bahwa 60% penderita depresi yang menjalani olahraga 30 menit tiga kali seminggu selama enam bulan dapat melawan penderitaan tanpa harus menggunakan obat dokter. Namun bagi penderita depresi yang berat tentu tidak bisa begitu saja lepas dari obat-obatan. Hanya saja banyak dokter sekarang yang memasukkan kegiatan olahraga dalam resep pengobatan mereka disamping obat penenang medis.

8. Olahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri

Sekarang rasa percaya diri dapat dicapai tidak hanya dengan mengandalkan keindahan fisik lagi. Sebuah studi kasus di AS membuktikan kalau para remaja yang aktif berolahraga memiliki kadar kepercayaan diri yang sama kuat dengan teman-teman mereka yang memiliki tubuh dan penampilan indah.

Kemantapan diri ini terletak pada hasil yang mereka dapatkan, yakni citra tubuh yang sehat dan kekuatan fisik yang prima, bukan semata giat berolahraga karena terobsesi dengan figur fisik para model di sampul majalah.

Sumber : http://dapursehatmarina.blogspot.com/2010/03/khasiat-olahraga.html

BENEFITS OF EXERCISE FOR MENTAL HEALTH

Health benefits of exercise for our bodies has long been proven. Exercise is important not only important for maintaining physical fitness but also mental health.

Now list the positive effects of sport will grow long again with the discovery of new evidence of Daniel M. Landers, professor of physical health and sports science from the University of Arizona. Simply by moving the body for 10 minutes every day of our mental health will increase rapidly.

In addition it would increase clear thinking and exciting can reduce stress and tension alias make sense to be cheerful always. According to Landers, there are five benefits of exercise that can nourish our mental.

1. Exercise reduces stress

Every normal human being has experienced the stress or tension. Is the stress caused by economic problems such as inflation or devaluation, social problems or marital relationship breakdown, the business office who never completed, the final exam that will be faced, wrong decisions that have been taken or perhaps reluctance to take decisions.

All human beings have experienced stress, and you must know how to handle it! Many oarang disease, despair, and even sudden death due to stress!

How you can avoid stress? Apparently olaraga can help you to cope with stress. How? For that we need to see how the muscles work that we have. Exercise can help us reduce the anxiety your heart and even to resist anger.

The reason, if our heart works during exercise, then automatically the concentration of the mind will not focus on your work again. In addition to divert the mind, aerobics routine may also increase cardiovascular endurance, so that later we can be not too far in addressing a problem. Activities that have proved effective in resisting tension brain is kind of aerobic walking, cycling, swimming, jogging and yoga.

2. Exercise can improve brain power

It is no secret that physical activity routine can improve the reaction, concentration, creativity and our mental health. This is because the body pump more blood so that oxygen levels in blood circulation also increases the tip speed of blood entry into the brain. Experts agree that the brain gets enough blood intake, the physical and mental reactions will increase.

3. Hormones affect the endogenous opioids

In the wonders of the human body, scientists recently have discovered a hormone system that serves as a morphine-called endogenous opioids. This is quite interesting because the attention of receptor found in the hypothalamus and limbic system of the brain, areas associated with emotion and human behavior.

Endogenous opioid system of hormones, one of which is beta-endorphin, not only reduce feelings of pain and gives strength to face cancer alone, but also adds memory, normalize appetite, sex, blood pressure and ventilation.

When exercising, the gland pitutiari add products of beta-endorphin, and as a result of beta-endorphin concentration increased in the blood that are drawn also to the brain, reducing pain, anxiety, depression and feeling tired.

4. Increasing alpha brain waves

Research shows that exercise, there is the addition of alpha waves in the brain. Alpha brain waves have long been associated with relaxed and casual circumstances, such as the time to meditate. Alpha waves are seen in a jogging for 20 to 30 minutes, and still can be measured after the exercise ended.

The researchers suggested that increasing the power of alpha waves contribute to the psychological benefits of exercise, including reduced anxiety and depression.

5. Dealer brain

Sports will be able to memperlancarkan practices of neural (brain neurotransmitter) in the brain. The results in this case can convey that exercise can increase levels of norepinephrine, dopamine, and serotonin in the brain, thereby reducing depression. It has been proven that the brain such as norepinephrine nerve distribution (NE) and serotonin (5 – HT) are involved in depression and schizophrenia.

A healthy body to live in peace. You will not feel it from the inside out harmony and peace. When the exercise will provide a good physical health, and also peace of mind and the attainment of a higher intellect, why do we not immediately work out from now.

6. Exercise can fight aging

Recent research proves that with only mild exercise such as walking alone can help the body recover from the decline of brain power in older women. The longer and frequent walking activities is done then the sharpness of mind will also be getting better.

Best results will be obtained by moving the body each week for nine weeks. “The activities need not be too high intensity, enough to get around it, which is important pacemaker power we can increase,” said Landers. “But the benefits of memory we will always be sharp.”

7. Exercise can increase feelings of happiness

Many people affected by depression or heart pain taking tranquilizers as a way out. Now the road to happiness by nature can be gained by moving your body regularly. Sports proven effective in enhancing hormone growers feel happy in our brains, such as adrenaline, serotonin, dopamine and endorphins, which is the number one killer heart disease.

A survey in England reported 83% of patients with depression depends on the activities of sport in improving mood and reducing anxiety. Exercise regularly for 16 weeks in people who had higher levels of depression currently have the happy effect.

Research at Duke University show that 60% of patients with depression who underwent 30 minutes of exercise three times a week for six months to fight pain without using medication doctor. But for people with severe depression certainly can not just escape from drugs. It’s just that many doctors now who include sports activities in their medical prescriptions in addition to medical sedation.

8. Exercise can improve self-confidence

Now self-confidence can be achieved not just by relying on physical beauty again. A case study in the United States to prove that the teens who actively exercise have the same confidence level strong with their friends who have a body and a beautiful appearance.

Stability itself is situated on the results they get, namely a healthy body image and excellent physical strength, not merely obsessed with vigorous exercise because of physical figures of the models on the cover of magazines.
Source: http://dapursehatmarina.blogspot.com/2010/03/khasiat-olahraga.html

No comments yet»

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: